Tak Berkategori

0 12

WhatsApp Image 2018-10-05 at 16.51.56Jabung 5 Oktober 2018, Telah dilaksanakan kegiatan Cangkruk an bareng dalam rangka HUT TNI ke 73 Tahun 2018 yang bertempat di kebun kopi Desa Taji Kecamatan Jabung yang dihadiri Oleh DANREM, DANDIM, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Muspika Kecamatan Jabung serta Masyarakat Desa Taji.

0 98

JABUNG – Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna memimpin pelaksanaan hari kedua Bhakti Sosial Menata Desa (Bina Desa) di Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kamis (6/9) siang. Pak Rendra, sapaan akrab Bupati yang didampingi istri sekaligus menjabat TP PKK Kabupaten Malang, Hj. Jajuk Rendra Kresna turun langsung menyapa masyarakat Desa Jabung dengan meninjau sejumlah titik kegiatan pendukung desa agar lebih maju.

Bupati mengawali kegiatan dengan kunjungan ke rumah warga yang berkesempatan mendapat program bedah rumah atas nama Narsih dan Darimah warga Jalan Kertosari Dusun Jabungkidul. Sedangkan, Bu Jajuk langsung menyapa kegiatan pembinaan PAUD. Sementara, Pak Rendra lanjut memberian santunan kepada masyarakat kurang mampu di Panti Asuhan Al-Irsyad di Dusun Jabunglor, mengunjungi kegiatan pelatihan olahan susu dan bazar warga.

Bupati juga berkunjung ke Dusun Gunungkunci disambut oleh kesenian kuda lumping dan drumband dalam rangka sambang proyek dan penandatanganan prasasti PJU dan tembok penahan. Pak Rendra bersana istri dan rombongan menyaksikan penampilan seni dan kreasi warga Dusun Krajan di panggung kehormatan di rumah kepala desa, terletak di Dusun Krajan.

Bupati juga meresmikan Kampung Topeng yang terletak di Jalan Semeru, Dusun Krajan. Peresmian kampung tematik ini ditandai dengan pemukulan kentongan dan dilanjutkan menyaksikan tarian topeng dan kreasi Kampung Topeng. Bupati didampingi sejumlah OPD serta Camat Jabung dan Kepala Desa setempat.

”Kondisi Desa Jabung ini bukan desa yang berpredikat tertinggal, karena termasuk desa yang maju. Bahkan nanti menuju sebagai Desa Mandiri. Desa Jabung ini akan menjadi salah satu pusat pengembangan jalan lintas antara Abdurahman Saleh ke tempat wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Disini akan menjadi kota, pertemuan dan tempat transit jalur tersebut,” terang Pak Rendra saat diwawancari awak media didampingi Humas Protokol Kabupaten Malang, tadi siang.

Bupati lantas menjelaskan, Desa Jabung akan menjadi jalur baru dan utama penunjang Gunung Bromo sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan Indonesia. Dari Abd Saleh, jalan itu keluar lewat Dengkol, lanjut Gunung Jati, kemudian masuk Desa Jabung. Desa Jabung ini akan dipersiapkan sebagai sebuah kota dengan memiliki rest area dan sebagainya. Kemudian dari Jabung ke Slampar, lanjut Kemiri kemudian langsung naik ke kawasan Gunung Bromo, umumnya ke area wisata TNBTS.

”Di dalam desa ini sudah bagus inventasinya. Banyak potensi yang bagus di dalam desa ini. Contohnya, ibu-ibunya juga sudah terampil, juga dengan pemudanya, ada kampung seni dan kampung topeng, seperti sanggar seni Gunungsari. Bicara atraksi disini juga cukup, jadi di Desa Jabung ini tinggal akomodasinya saja yang diperkuat lagi,” pungkas Bupati.

0 43

JABUNG – Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna bersama istri, Hj. Jajuk Rendra Kresna sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Malang bersilahturahmi dan menggelar dialog langsung dengan masyarakat Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Rabu (5/9) malam. Pak Rendra, sapaan akrab Bupati mengacungi jempol sifat keguyuban dan kegotong-royongan masyarakat Desa Jabung dalam bersama-sama membangun desanya. Pak Rendra hadir dalam rangkaian kegiatan Bhakti Sosial Menata Desa di Desa Jabung selama dua hari.

Hadir dalam kegiatan malam itu, diantaranya Wakil Bupati Malang, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, para kepala di lingkungan OPD Kabupaten Malang, Camat Jabung dan seluruh kepala desa se Jabung. Tak ketinggalan, juga turut hadir anggota Komisi II DPR RI, Kresna Dewanata, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Malang, sejumlah tokoh agama Kabupaten Malang, pengusaha Tionghoa Malang, perwakilan perbankan,  BPJS dan Korpri Kabupaten Malang.

”Saya senang dan bangga terhadap sifat guyub rukun dan terus bersemangat yang ditunjukkan warga Desa Jabung. Jika kondisi ini terus bertahan maka desanya akan terus maju. Kalau desa ini hanya mengandalkan Pemkab Malang tentu tidak mungkin bisa semaju ini, karena keberhasilan ini didukung oleh kegotong-royongan seluruh masyarakat Desa Jabung,” puji Pak Rendra dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, pembangunan yang dijalankan oleh Pemkab Malang diakuinya sama seperti yang diperintahkan Presiden Indonesia, Ir. Joko Widodo. Yakni, selalu mengingatkan bangsa Indonesia boleh maju dan terkenal, tetapi harus terlebih dahulu dengan memajukan desanya. Hal tersebut sesuai dengan prinsip pembangunan Indonesia dari pinggiran atau desa.

”Setiap bulan, saya dan seluruh rombongan OPD Kabupaten Malang melakukan kunjungan ke desa-desa melalui kegiatan Bina Desa. Dengan melakukan pembinaan dan pendampingan agar desa mengalami kemajuan. Pada tahun 2010 terdapat 114 desa tertinggal di Kabupaten Malang. Alhamdulillah hasilnya sekarang sudah nol. Bahkan, kini tercatat desa dengan indeks pembangunan tertinggi di Indonesia diraih oleh Desa Ngroto Kecamatan Pujon,” terangnya.

Bupati menambahkan, Pemkab Malang pasti akan menjadi terdepan dalam terus mendampingi agar seluruh aspirasi masyarakatnya terwujud. Meskipun diakuinya, semuanya dilaksanakan dengan cara bertahap. ”Besok OPD akan melakukan pendampingan, pelayanan, praktik langsung pelatihan kepada masyarakat Jabung. Tujuannya agar desa benar-benar maju seperti yang juga diharapkan oleh Pak Jokowi,” pungkas Pak Rendra.

Kedatangan Bupati Malang bersama rombongan sangat ditunggu-tunggu masyarakat Desa Jabung. Kepala Desa Jabung, Anik mengucapkan terima kasih kepada bapak Pak Rendra bersama seluruh OPD atas kedatangan di desanya. Ribuan warga juga tumpek blek hadir untuk bisa bertatap muka langsung dengan Pak Rendra, sekaligus ingin menikmati hiburan Topan cs, hiburan musik Genuin Band dan pembagian dorprise. Atas nama masyarakat Jabung, dia juga mengucap mohon maaf atas keterbatasan baik dalam home stay, penyambutan selama tinggal di Desa Jabung. Selain itu, pihaknya berterima kasih kepada masyarakat di masing-masing dusun yang sudah turut mendukung hingga terlaksananya kegiatan Bina Desa.

”Pak Bupati, kami laporkan Pemerintah Desa Jabung dan warga sangat mendukung visi misi Madep Manteb hingga ke depannya. Kami juga terima kasih seluruh pihak yang mendukung terselaksananya kegiatan ini. Banyak bantuan yang sudah didapat. Namun karena luas wilayah 681 hektar, dengan jumlah 9.246 penduduk yang tersebar di empat dusun, tentunya kami masih mengharap bantuan dan dukungan program pembangunan dari Pemkab Malang,” terang Anik dalam sambutannya