Penilaian Lomba Desa Siaga Aktif tingkat Provinsi Jawa Timur

Penilaian Lomba Desa Siaga Aktif tingkat Provinsi Jawa Timur

0 748

JABUNG – Desa siaga aktif adalah desa yang penduduknya memiliki sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kedaruratan secara mandiri. Melalui program ini masyarakat dituntut peduli dan tanggap mengatasi masalah yang kerap terjadi di masyarakat.

Memberdayakan masyarakat untuk mandiri hidup sehat menjadi modal besar atas tercapainya kualitas SDM, disamping urusan pendidikan dan kesehatan. Hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan Desa Sidomulyo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang masuk tahap penilaian Lomba Desa Siaga Aktif tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Tim penilai dari Provinsi Jatim ini melakukan penilaian lapangan langsung di Desa Sidomulyo, Selasa (8/8) pagi, dibawah pimpinan Desi Alfiajianti M.Kes. Rombongan  disambut dengan tari kreativitas anak dan ibu TK desa Sidomulyo dan juga kesenian karawitan oleh siswa siswi SMP Desa Sidomulyo dan diterima langsung Wakil Bupati (Wabup) Malang Drs. H. M Sanusi MM, didampingi oleh Kepada Dinas Kesehatan Kab. Malang dan Camat Jabung.

Dalam sambutannya Wabup memberikan apresiasi tinggi kepada peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan kesehatan. “Atas nama pemerintahan, saya memberikan apresiasi yang tinggi atas peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Juga dalam wadah penilaian dan pembinaan penyelenggaraan desa Siaga aktif tingkat Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Menurut Wabup kegiatan ini bukan hanya untuk mendapatkan pengakuan saja. “Saya berharap melalui kegiatan ini bukan hanya untuk mendapatkan pengakuan saja. Tapi juga di harapkan dapat mendorong tingkat partisipasi masyarakat khususnya di bidang kesehatan,” terangnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Provinsi Jawa Timur, yang akrab dipanggil Desi menyampaikan, kedatangnya bersama rombongan tim penilaian desa siaga aktif ini adalah untuk memverifikasi dan melihat secara langsung inovasi yang dikembangkan benar-benar dilaksanakan di Desa Sidomulyo ini.

“Yang luar biasa, bagaimana masyarakat ini bersama-sama mewujudkan apapun yang menjadi inovasi di desa ini untuk kita.  Karena di atas kertas teman-teman ini sudah sudah bagus, dan itu kita berikan apresiasi. Untuk kita langsung ke lapangan ingin melihat Apakah benar inovasi yang dikembangkan itu betul-betul dilaksanakan di desa ini,” tuturnya.

Ketua tim penilai juga berharap agar desa yang sudah menjadi desa siaga aktif tingkat madya dapat meningkat menjadi tingkat mandiri dan purnama. “39,3% dari total 8405 desa di Jawa Timur adalah Desa Siaga aktif tingkat Madya. Pada kesempatan kali ini kami ingin meningkatkan semua yang Madya ini menjadi purnama dan mandiri. Tingkatannya lebih tinggi lagi, dan lebih mandiri lagi untuk memecahkan masalah-masalah kesehatan di desa,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut OPD terkait, Muspika Jabung, Kader Desa siaga aktif, para tim penggerak PKK Desa, Tokoh Masyarakat Desa, Para Pendamping atau Mitra Desa Siaga, Muslimat dan Fatayat, serta masyarakat Desa Sidomulyo yang sangat antusias menyambut rombongan Tim penilai dari Provinsi Jatim.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>