KUNJUNGAN KERJA WAKIL BUPATI MALANG DI JABUNG

KUNJUNGAN KERJA WAKIL BUPATI MALANG DI JABUNG

0 57

JABUNG – Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM didampingi sejumlah OPD Kabupaten Malang menggelar kunjungan kerja ke tiga desa yang masuk wilayahKecamatan Jabung, Selasa (30/10) siang. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk melanjutkan program prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang meliputi menurunkan angka kemiskinan, mengoptimalkan potensi sektor pariwisata dan memperkuat daya dukung lingkungan hidup.

WhatsApp Image 2018-10-30 at 12.20.06Wabup mengawali kegiatan dengan menggelar dialog bersama para anggota kelompok tani, kelompok peternak, dan kelompok perikanan serta kepala desa se Kecamatan Jabung di pendopo kecamatan setempat. Tercatat, Kecamatan Jabung memiliki gapoktan yang tersebar di 15 desa se Kecamatan Jabung, meliputi ada 59 kelompok tani, 13 kelompok ternak , dan 6 kelomopok perikanan. Jabung memiliki potensi luar biasa mulai dari di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.

”Pak Wabup, kami petani dan peternak selama ini terus berusaha bagaimana bisa meningkatkan produktifitas. Begitu juga dengan kami para peternak sapi potong maupun sapi perah. Kami berharap bantuan dari Pemkab Malang agar turut mendukung terkait antisipasi kesehatan ternak. Selain itu, jika di pertanian ada subsidi pupuk, kami belum ada subsidi pakan ternak. Kami tentu sangat ingin meningkatkan upaya manajemen pakan, perawatan dan bibit karena selama ini kami masih menggunakan tradisional,” ujar Sutrisno, salah satu peternak saat berdialog dengan Wabup.

Pak Sanusi, sapaan akrab Wabup begitu welcome menampung masukan dan saran serta uneg-uneg para petani dan peternak, hingga sejumlah kepala desa yang menyampaikan aspirasinya. Wabup menegaskan, kegiatan kunjungan ke Jabung kali ini adalah meneruskan program Bupati Malang dalam upaya peningkatan ekonomi kerakyatan. Ia melihat dan meninjau mana saja potensi yang bisa dikembangkan dan ternyata perlu sentuhan teknologi karena mayoritas masih menggunakan konsep pengelolaan tradisional.

”Misalnya, ternak sapi perah rata-rata per ekor baru menghasilkan 10 liter per hari. Padahal idealnya harus sudah sampai 20-25 liter per hari. Sejauh ini masih belum ada ke angka ideal. Bahkan di peternakan sapi perah milik perusahaan susu yang berdomisili di Kabupaten Malang bisa menghasilkan 32 liter per hari. Sehingga jika melihat angka itu produktifitas sapi perah warga ini kalah jauh dan harus bisa mengejar ketertinggalan itu. Pemkab melalui dinas-dinas terkait akan bantu carikan solusi dan kalau perlu memberikan bantuan agar produktifitas itu meningkat,” ujar Pak Sanusi memotifasi.

Wabup juga menjelaskan, di sektor peternak sapi potong juga demikian hasilnya masih standart semua, belum ada yang per hari nya mampu meningkatkan bobot sapi ternaknya hingga 1,5 kg per hari. Karena itu, Pemkab Malang diakuinya, ke depan akan turut kelola potensi-potensi tersebut agar nilai ekonominya tambah. Tak terkecuali, sektor pertanian juga akan dikembangkan dan mencarikan solusi terbaik.

”Pemkab juga akan kerjasama dengan perguruan tinggi di Malang raya untuk mengembangkan potensi perekonomian di daerah. Kita upayakan terlebih dahulu lakukan kajian, cari solusi apa perlu bantuan, maka Pemkab akan bantu. Seperti juga sektor perikanan juga akan kami bantu. Meski populasi sapi di Kabupaten Malang mencapai 243 ribu ekor, dan kebutuhan lokal lebih dari 80 ribu ekor. Sementara produksi kelahiran lebih 160 ekor sapi per tahunnya,” tambah Wabup.

Sedangkan untuk mengantisipasi kekeringan, Pemkab melalui BPBD, akan turun memberikan bantuan air bersih bagi warga. Tak ketinggalan, untuk depannya juga akan ditata konsep pipanisasinya oleh Bapedda. Pak Sanusi, sapaan akrab Wabup yang hadir didampingi Sekretaris Daerah, Ir. Didik Budi Muljono, MT melanjutkan kunjungan langsung ke titik lainnya untuk peninjauan dan pembinaan. Diawali ke rumah Riatno, kelompok ternak lele di Desa Slamparejo, lanjut ke kelompok peternak sapi Agung Jaya Desa Kemantren dan kandang ternak Suhardi Gapoktan Sukolilo Desa Sukolilo.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>