Wisata alam

Wisata alam

coban jaheweb“Coban Jahe” atau juga dikenal sebagai Air Terjun Begawan memiliki ketinggian sekitar 45 m dengan batu-batu cadas berukuran raksasa di dinding dan kolam kecil di bawahnya.  Air terjun ini masuk dalam kawasan Perhutani RPH Sukopuro-Jabung.

Nama Jahe, sebenarnya diambil dari Bahasa Jawa ‘Pejahe’ yang berarti meninggal dunia. Nama itu muncul, setelah sekitar satu regu tentara (TNI, sekarang) di bawah komando Ali Murtopo melakukan perlawanan terhadap pemerintah Belanda.
Seiring bergantinya waktu, nama ‘Pejahe’ pun lama-kelamaan berganti Jahe. Begitu juga nama makam, mereka yang dikebumikan pun dibuatkan tempat peristirahatan terakhir bernama Makam Pahlawan Kali Jahe. Keberadaan Makam Pahlawan Kali Jahe sendiri, bisa dijumpai sekitar 50 meter, tatkala sebelum pintu masuk Coban Jahe.

Berjarak sekitar dari kota Malang dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dengan mengambil arah ke Tumpang.  Sesampainya di Pintu Gerbang Tumpang belok ke kiri ke Desa Pandansari Lor, Dusun Begawan.

Dari pintu masuk Coban Jahe, anda akan mendapati jalan setapak berupa tanah liat.
Sementara sekitar 100 meter dari pintu masuk ke arah air terjun, juga akan didapat hamparan tanah kosong yang oleh pengunjung biasanya dimanfaatkan untuk memarkir motor yang dibawa. Di sekitar lokasi ini, pohon Mahoni cukup banyak. Tantangan lain yang bisa dinikmati dari perjalanan ke Coban Jahe, yakni akses jalan menuju ke lokasi. Selain di kanan-kiri jalan terdapat sawah dan kebun ubi, kondisi jalannya juga masih dibiarkan tanah liat. Bahkan, sesekali tanah liat tersebut juga berlubang.
Selain akan menemui jalan setapak juga bisa didapati jalan dari bebatuan tajam atau jalan makadam. Posisinya pun, berada di jalan tanjakan dan menurun ke arah lokasi wisata. Bagi anda yang suka dengan wisata plus tantangan, tidak ada salahnya mengunjungi air terjun Coban Jahe di Jabung. Coban dengan Kategori sudah dapat dikunjungi (*)

COBAN TANGKIL

tangkil1

Coban Tangkil merupakan salah satu Coban yang berada di desa Pandansarilor, terletak diantara Pegunungan Pandansarilor dan Taji. Ketinggian Air Terjun ini kurang lebih 100 m. Untuk menuju coban ini dengan jalan kaki kurang lebih memakan waktu 1 jam dari Coban Jahe, dengan melalui jalan setapak sungai kecil sehingga menambah keeksotisan alam pegunungan. Coban dengan katagori dapat dikunjungi harus dengan pemandu yang siap di Coban Jahe.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

COBAN SIUK DESA TAJI

coban siukwebpoto Coban Siuk Desa Taji terletak sebelum Desa Taji, kurang lebih sekitar 4,3 km dari Coban Jahe.s Jalan menuju Coban Siuk sebagian Haka , aspal, cor, dan tanah. Di sepanjang jalan menuju Coban kita dapat menikmati pemandangan Kota Malang  dari ketinggian dan pegunungan yang indah  Nama Siuk di ambil dari nama seseorang wanita yang bernama Mbok Siyok, yang sebelumnya pernah mengelola dan memelihara Tanah dan Hutan  di sekitar Coban Siuk. Di sekitar Coban Siuk terdapat Gua menurut keterangan penduduk setempat merupakan Gua Peninggalan Jepang. Ketinggian dari Air Terjun kurang lebih 90 m dari dasar air terjun. Coban dengan Kategori sudah dapat dikunjungi

 

IMG01164-20140303-1216

Pada jalan setapak menuju  Coban Siuk terdapat coban kecil setinggi 12 meter.Coban dengan Kategori sudah dapat dikunjungi

 

 

 

 

 

 

COBAN JIDOR DESA NGADIREJO

jidor7

IMG01180-20140305-0943

Salah satu Coban di kawasan Kecamatan Jabung terletak di Dusun Bendolawang Desa  Ngadirejo, penduduk setempat menamakan  Coban dimaksud dengan nama Jidor karena suara gemuruh air seperti halnya suara Jidor. Letak Coban ini diantara tebing Desa Ngadirejo dengan Desa Benjor Kecamatan Tumpang. Bagi yang suka hiking, cross country dan pecinta alam dengan menikmati alam. jalan setapak sepanjang 1 km yang kanan kirinya ditumbuhi Pohon Durian dengan kondisi jalan yang separuh jalan masih alami . Desa Ngadirejo merupakan  Desa penghasil Buah Durian jenis montong dan Coban ini mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter dan disebelah  Coban ini juga terdapat Gua.(Coban ini masih alami sehingga untuk menuju ke coban sebaiknya didampingi dengan Perangkat Desa setempat). Coban dengan Kategori dapat dikunjungi tapi dengan syarat.

jidor16

 

 

 

 

 

 

 

 

COBAN KARANGLO DESA KEMIRI

Desa Kemiri merupakan salahsatu Desa di kecamatan jabung yang menyimpan keindahan alam, salah satunya keindahan alam coban. Coban ini terletak di Dusun Karanglo Desa Kemiri, tepatnya disekitar Rumah Kamituwo KarangLo. 4 (empat) coban ini letaknya berdekatan satu sama lain dalam satu lokasi radius kurang lebih 50 meter. Akses jalan menuju ke coban dari Jalan Raya kemiri depan KUD belok ke kiri, ke dusun Karanglo jalan berpaving sekitar 500 m kemudian menuju ke rumah Bapak Kamituwo Karanglo. Kemudian dari kediaman Kamituwo jalan kaki sepanjang 500 meter menuju coban. Coban ini dikelilingi Pohon Bambu yang nampak rindang. Coban dengan Kategori dapat dikunjungi didampingi dengan perangkat atau masyarakat setempat.

Coban Atas
Coban Atas
coban Atas2

 

 

karanglo3
coban Bawah1
karanglo1
coban Bawah2