Logo

KECAMATAN JABUNG

PESONA DEWI DIBUKA, NGADIREJO ANDALKAN COBAN JODO DAN JIDOR

JABUNG - Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM yang hadir bersama istri, Hj. Anis Zaida membuka pelaksanaan Pesona Desa Wisata (Dewi) Kabupaten Malang tahun 2019 di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Sabtu (5/10) pagi. Desa Ngadirejo dipilih sebagai venue pelaksanaan Pesona Dewi tahun ini karena memiliki potensi wisata yang layak jual dan baru kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat baru saja menyabet predikat juara empat tingkat Nasional.

Pak Sanusi, sapaan akrab Bupati membuka Pesona Dewi dengan ditandai pemotongan untaian pita yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Camat Jabung, dan Kepala Desa Ngadirejo. Dalam kesempatan ini, sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang dan Camat se Kabupaten Malang, serta Kepala Desa se Jabung juga tampak hadir. Tak ketinggalan, Pokdarwis dan Dewi se Kabupaten Malang turut hadir.

Pesona Dewi yang dikemas semarak selama tiga hari ini dibuka dengan tarian Beskalan Putri dari Desa Jabung, dan Tari Sesonderan. Desa Ngadirejo sebagai Dewi memiliki dua destinasi wisata andalan yakni Coban Jodo dengan air terjun dari ketinggian 125 meter, dan Coban Jidor yang ketinggian airnya lebih pendek namun mengeluarkan suara sangat unik seperti jidor 'jedur jedur' karena terdapat lubang seperti goa. Selain itu, desa yang berada di ketinggian kurang lebih 700 mdpl ini juga siap mengembangkan wisata tubbing di Sungai Watu Mayung.

''Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, saya Bupati Malang menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan ini dapat terselenggara. Semoga dengan adanya Pesona Dewi yang dilaksanakan secara berkelanjutan, dapat memberikan manfaat positif bagi perkembangan dunia pariwisata Kabupaten Malang, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harap Pak Sanusi dalam arahannya sembari menyampaikan sejumlah program pembangunan terdekat dari Pemkab Malang dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Wedhantara melaporkan, pihaknya juga menghadirkan 22 Dewi yang ada di Kabupaten Malang untuk menampilkan produk dan paket wisata Dewi-nya masing-masing. Serta, sejumlah pembicara dalam sarasehan salah satunya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Bidang Destinasi, Widarto. Maksud Pesona Dewi adalah menampilkan atraksi kesenian daerah yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung, melaksanakan pameran produk desa wisata dan paket wisata se Kabupaten Malang, memberikan penghargaan kepada para pengelola lembaga desa wisata atas kinerja yang telah dicapai dalam melestarikan budaya desa dan meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Malang.

''Pesona Dewi juga melaksanakan sarasehan desa wisata dengan peserta dari Desa Wisata dan Pokdarwis seluruh desa wisata. Tujuan dari kegiatan ini yakni terlaksananya promosi seluruh desa wisata di Kabupaten Malang dan desa wisata seluruh Indonesia, terwujudnya kesenian daerah yang terpelihara, produktif dan inovatif dan tercapainya target jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, serta terwujudnya masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. Tahun ini, tema Pesona Dewi adalah, Dengan Pesona Desa Wisata, Kita Wujudkan Desa-desa yang Madep Manteb Manetep," terang Made dalam sambutannya.

Berita
Family Gathering di Jogja Istimewa

Tanggal 12-14 Agustus 2016 bagian PDE melaksanakan family gathering yang biasa dilaksanakan setipa bulan namun gathering kali ini istimewa karena menuju ke daerah Jawa Tengah yaitu di daerah Gunung kidul ...

Berita
X-pare Linux Suspect 2010

Dari Kecamatan misi pengembangan dan pengenalan Free Open Source Software dilaksnanakan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi rencana Operasi Razia dari Microsoft karena tahun 2012 Pemerintah harus sege ...

Berita
Selamat Milad Pak Ferry....

44 tahun yang lalu lahirlah seorang manusia yang bernama Ferry Hari Agung dan manusia itu sekarang di takdirkan menjadi pemimpin kami, pemimpin di Bagian Pengelola Data Elektronik. Hampir 1 tahun ...